3 Cara Packing Paket Makanan Agar Tetap Segar

Bagi pelaku usaha kirim barang ke Singapura merupakan salah satu lini usaha di mana kerjasama dilakukan dengan pihak ekspedisi atau jasa pengiriman agar proses kirim barang tidak terkendala. Akan tetapi, selain memiliki kerja sama dengan jasa pengiriman, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara melakukan packing untuk barang yang akan dikirim.

Misalnya, Anda adalah pelaku usaha di bidang makanan, pasti harus memiliki pengetahuan bagaimana melakukan packing paket makanan agar tetap segar hingga tangan pembeli. Ternyata, beda jenis makanan juga akan beda cara packingnya.

Packing Paket Makanan

Bagi pelaku usaha makanan yang melayani penjualan ke luar daerah bahkan luar negeri, mengetahui bagaimana cara packing paket makanan merupakan sebuah keharusan. Untuk membungkus paket makanan ada cara tersendiri dan tidak sama satu jenis dengan lainnya. Coba cek cara packing berikut:

1.     Untuk Makanan yang Harus Bersuhu Rendah

Jenis makanan yang perlu dipacking dengan suhu rendah agar tidak busuk atau meleleh saat perjalanan adalah daging, keju, buah-buahan, dan susu murni. Untuk mengemas jenis makanan ini, Anda harus menggunakan:

          Kotak styrofoam digunakan agar makanan tidak mudah mencair karena di dalamnya terdapat bahan kopolimer styrene yang dapat menjaga suhu makanan dan mencegah kebocoran.

          Batasi dengan bubble wrap agar paket makanan tidak mudah penyok. Walaupun Anda harus mengeluarkan biaya ekstra, tapi demi kualitas seharusnya tidak jadi masalah.

          Tambahkan dry ice atau ice gel pack sehingga pakat makanan tetap dingin dan tidak mencair saat perjalanan.

          Gunakan kardus anti air pada lapisan luar sehingga makanan terlindungi dari kebocoran. Cara menciptakan kardus anti air adalah dengan melapisi bagian luar kardus dengan lakban.

2.     Makanan yang Mudah Alot

Pelaku usaha yang kirim barang ke Singapura berupa makanan, harus sangat memperhatikan jenis makanan yang dikirimkan. Jika jenis makanan yang dikirim seperti keripik, kue kering, kerupuk, dan bermacam snack, maka cara pengemasannya adalah:

          Pastikan menggunakan kemasan bersegel yang kedap udara, misalnya pouch bersegel. Jika perlu tambahkan label usaha Anda agar terlihat lebih terpercaya.

          Gunakan packing kotak agar tidak hancur pada bagian luar, sebab makanan seperti keripik atau bermacam snack lebih rentan terhadap kerusakan akibat benturan.

3.     Makanan Siap Saji

Makanan siap saji tidak tahan lama dan harus dikonsumsi secepatnya. Jika Anda tipe penjual makanan jenis siap saji seperti dimsum, macaroni schotel, lasagna, dan beragam makanan lainnya, perhatikan cara packing berikut:

          Gunakan kardus saat pengiriman makanan siap saji agar melindungi makanan dari dunia luar.

          Gunakan pengiriman satu hari sampai karena makanan siap saji tidak tahan disimpan untuk waktu beberapa hari.

Nah, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi saat harus melakukan packing makanan, apalagi ketika kirim barang ke Singapura. Karena paket makanan Anda dapat dipacking dengan cara khusus sehingga kesegarannya tetap terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *