5 Kuliner Tradisional Khas Jakarta, Anda Sudah Coba?

Di balik bangunan-bangunan tinggi dan modern yang tersebar di penjuru Jakarta, sebenarnya ibukota Indonesia ini masih menjaga tradisinya, lho! Termasuk dalam urusan kuliner. Jadi, selain kafe-kafe estetis dan restoran skybar Jakarta dengan pemandangan spektakuler, Anda masih bisa temukan banyak tempat makan yang menyajikan kuliner tradisional khas kota megapolitan ini.

Wah, apa saja ya kuliner khas Jakarta? Untuk Anda yang merasa belum pernah mencicipinya sama sekali, yuk, simak daftarnya berikut ini!

  1. Kerak telor

Menu ini terbuat dari beras ketan putih, serundeng ebi, telur bebek atau ayam, bawang goreng, dan bumbu halus dengan bahan utama kelapa sangrai. Yang membuat kerak telor semakin unik adalah cara memasaknya. Pasalnya, ketika adonan telur sudah setengah matang, wajan yang dipakai memasak akan dibalik agar berhadapan langsung dengan panas yang berasal dari arang di anglo sampai telur matang menjadi kerak. 

  1.     Semur jengkol

Rasanya tak lengkap jika mencicipi kuliner tradisional Jakarta tanpa pernah menjajal semur jengkol minimal sekali seumur hidup. Bagi Anda yang belum pernah mencicipinya, Anda bisa coba sekali saja. Siapa tahu Anda malah jadi doyan dan ketagihan, lho! Sebab, keunikan jengkol memang yang membuat para penggemarnya cinta mati. Apalagi, semur jengkol khas Betawi memiliki cita rasa yang sangat lezat.

  1.   Roti buaya

Roti buaya adalah makanan yang wajib ada dalam prosesi pernikahan khas Betawi, bahkan bisa dibilang jadi ikon pernikahan Betawi, lho. Panjangnya kira-kira 50 cm dan dibawa oleh mempelai laki-laki sebagai bagian dari seserahan pada saat pernikahan atau lamaran. Seperti namanya, roti ini memiliki bentuk seperti buaya. Buaya sendiri dianggap merupakan hewan yang setia. Jadi, tak heran kalau masyarakat Betawi memandang roti buaya sebagai wujud kesetiaan pasangan suami-istri.

  1.   Soto Betawi

Satu lagi kuliner khas Betawi yang tak bisa Anda lewatkan begitu saja adalah Soto Betawi. Soto Betawi sendiri merupakan soto yang kuahnya dibuat dari santan dan susu. Dan untuk isiannya, Anda bisa temukan soto Betawi yang disajikan dengan organ atau jeroan sapi serta dengan daging ayam. Jadi, Anda bisa pilih yang sesuai dengan selera Anda masing-masing.

  1.     Asinan Betawi

Kemudian ada asinan Betawi, yang umumnya berisi campuran sawi, tahu putih, selada, tauge, dan kol. Kemudian, penyajiannya dilakukan dengan taburan kacang tanah goreng dan siraman kuah yang dicampur dengan cuka dan cabe. Jangan lupa untuk menikmatinya dengan kerupuk mi kuning berukuran besar yang khas itu, ya! 

Itu dia 5 rekomendasi kuliner tradisional khas Jakarta. Apakah Anda sudah pernah coba semuanya atau Anda punya rekomendasi kuliner lainnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.