5 Tips Mengatasi Kaki Keseleo Pertama Kali 

Bila Anda sering memakai sepatu hak tinggi, maka risiko kaki keseleo bisa terjadi tanpa diduga. Tidak hanya aktivitas berjalan memakai sepatu hak tinggi saja, kaki keseleo bisa terjadi saat  Anda melakukan olahraga, terjatuh atau aktivitas fisik lain. Rasa sakit saat pergelangan kaki keseleo bisa terasa menyakitkan sehingga Anda perlu melakukan penanganan awal. Memakai Counterpain yang bisa meredakan rasa sakit karena keseleo bisa menjadi solusi sesuai tingkatan kaki keseleo. 

Mengatasi Kaki Keseleo 

Tingkatan kaki keseleo bisa mulai ringan yang terasa nyeri, bengkak tapi tidak robek sampai keseleo parah hingga tidak mampu menopang tubuh Anda. Agar Anda tidak salah penanganan, maka ketahui tips mengatasi pergelangan kaki yang keseleo berikut :

  • Sendi pergelangan kaki harus istirahat 

Anda tidak boleh terlalu banyak bergerak selama proses pengistirahatan kaki yang keseleo setidaknya 2-3 hari setelah kejadian. Meskipun tetap mengoptimalkan istirahat, Anda harus tetap melakukan aktivitas fisik seperti berjalan dengan memakai bantuan penyangga atau kruk.

  • Membalut pergelangan kaki yang keseleo

Balutkan perban elastis setidaknya 2-3 hari setelah kaki keseleo yang berfungsi meredakan pembengkakan. Usahakan untuk tidak membalut perban elastis terlalu kencang sebab bisa mengganggu sirkulasi darah dalam kaki Anda, lho! Bila terjadi risiko jari kaki berubah warna atau mati rasa, maka segera buka perban untuk menghindari risiko yang lebih serius.

  • Kompres pakai air es

Fungsi mengompres bagian kaki yang keseleo dengan air es adalah mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri yang menyakitkan. Anda bisa memakai kain lap bersih yang dibalutkan pada es batu dan gunakan untuk mengompres bagian yang bengkak pelan-pelan. Bila menderita penyakit diabetes, sebaiknya hindari metode pengompresan pakai air es ini. Anda bisa mengoleskan Counterpain yang lebih praktis ke pergelangan kaki yang alami keseleo.

  • Pilih posisi tidur yang benar

Bila Anda hendak tidur atau istirahat, usahakan mengubah posisi kaki lebih tinggi dibandingkan dengan bagian dada. Anda bisa meletakkan bantal di bawah kaki untuk mengurangi pembengkakan sebab tubuh lebih mudah mengalirkan cairan ke bagian kaki tersebut. 

  • Ketahui kegiatan yang bisa membuat kaki keseleo lebih parah

Selama proses penyembuhan pasca kaki keseleo, Anda tidak disarankan untuk tidak mandi air panas, minum alkohol, berlari atau memijat kaki keseleo tanpa teknik yang benar sehingga memperparah pembengkakan. Anda juga bisa mengatasi rasa sakit pada pergelangan kaki yang keseleo dengan minum obat penghilang nyeri yang bisa didapatkan di apotek atau toko online. 

Yuk, atasi permasalahan pergelangan kaki keseleo, nyeri sendi atau nyeri otot dengan memakai produk Counterpain yang terjangkau! Kontak jasa jual perlengkapan bayi yang menawarkan produk kesehatan terlengkap mulai kebutuhan anak-anak sampai orang dewasa sekarang juga. Bila kaki Anda yang nyeri dan bengkak tidak menunjukkan perkembangan setelah tiga hari, ada baiknya segera hubungi dokter untuk penanganan medis yang diperlukan. 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.