Jika Kamu Memiliki Uang, Lebih Memilih Menyimpannya di Celengan atau Bank?, TVRI SD Kelas 4-6

Berikut jawaban soal tugas TVRI SD Kelas 4 6 Rabu (5/8/2020) pertanyaan Jika kamu memiliki uang untuk ditabung, kamu lebih memilih menyimpannya di celengan atau di bank? Jelaskan alasanmu! Pertanyaan tersebut merupakan soal nomor satu dalam materi Uang dan Kegiatan Jual Beli yang tayang di TVRI. Total ada tiga pertanyaan yang harus diselesaikan oleh peserta didik.

Melalui materi ini diharap peserta didik mampu mengembangkan kompetensi literasi. Kompetensi literasi yang dimaksud yakni memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya. Selain itu juga menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.

Jawaban Saya lebih memilih menyimpan uang di celengan karena lebih mudah ketika ingin menabung. Tinggal memasukkan uang ke celengan.

Atau Saya lebih memilih menyimpan uang di bank karena lebih aman. Terlebih jika uang yang ditabung dalam jumlah besar.

Jawaban Kebutuhan adalah hal dasar yang harus dipenuhi untuk tetap hidup. Contoh kebutuhan antara lain, makan, minum, pakaian, rumah, sekolah.

Sedangkan keinginan adalah kebutuhan lebih yang ingin dipenuhi pada suatu hal yang dianggap kurang. Keinginan tidak mengikat dan tidak harus dipenuhi. Sebagai contoh, orang harus memenuhi kebutuhan makan, tapi tak harus memenuhi keinginan untuk memilikiHP mahal.

Agar keinginan tetap terkontrol, kita bisa menulis daftar kebutuhan dan keinginan. Setiap ingin membeli sesuatu, kita harus mendahulukan kebutuhan. Jawaban

Kelebihannya, kita bisa menjangkau produk tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal untuk akses. Kekurangannya, belanja online membuat pembeli lebih rentan tertipu. Penipuan bisa beraneka macam, mulai dari gambar yang tidak sesuai kenyataan, hingga barang yang tidak dikirim.

Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, jawaban tidak terpaku seperti di atas. Dari materi belajar di rumah TVRI, orang tua diharapakan memandu secara langsung proses belajar anak.

Sehingga anak meraih kompetensi literasi berupa: 1. Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya 2. Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.

Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan: 1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.

2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.

3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.

Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan: 1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.

2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesaian, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku.

Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut. 4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *