Keuntungan Asuransi Kesehatan Pribadi yang Perlu Anda Ketahui

Idealnya, asuransi kesehatan perorangan haruslah menjadi kebutuhan primer yang dimiliki setiap orang. Sebab Anda bisa menentukan sendiri segala hal tentang asuransi tersebut, dari mulai biaya premi yang harus dibayarkan setiap bulan hingga pertanggungan apa saja yang ingin Anda terima.

Di samping itu, masih ada erbagai keunggulan atau manfaat lain yang dapat Anda rasakan. Apa sajakah itu? Berikut ini beberapa di antaranya:

Keunggulan Asuransi Kesehatan Pribadi

  1. Jaminan utama rawat inap (in-patient treatment). Secara garis besar, asuransi kesehatan pribadi memberikan jaminan utama berupa manfaat rawat inap yang nilai manfaatnya beragam dan cukup tinggi. Contohnya biaya rawat inap, biaya kunjungan dokter dan kamar, obat-obatan, tindakan medis, dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa dapatkan manfaat kesehatan lainnya, seperti rawat jalan (out-patient treatment), gigi dan kacamata, hingga persalinan.
  2. Masa tunggu lebih pendek. Salah satu keunggulan utama asuransi kesehatan pribadi adalah periode masa tunggu yang lebih singkat. Tak hanya itu saja, pemegang polis asuransi kesehatan pribadi juga umumnya bisa memutuskan sendiri kapan akan masuk ke RS hingga tanggal operasi atau bedah secara lebih fleksibel. Tentunya, keuntungan ini akan sangat bergantung dengan kebijakan dari perusahaan asuransi itu sendiri.
  3. Premi asuransi proporsional. Memang jaminan utamanya terbilang sederhana, tapi seperti yang sudah Anda baca, manfaatnya sangat tinggi dan beragam. Dengan seluruh manfaat tersebut, bisa dikatakan bahwa premi asuransi kesehatan pribadi terbilang terjangkau. Ditambah lagi, besaran premi juga proporsional sesuai dengan besar manfaat yang Anda pilih, seperti jumlah Tertanggung atau tambahan manfaat kesehatan lainnya.
  4. Proses underwriting lebih lengkap. Dalam asuransi kesehatan pribadi, proses underwriting sangat penting guna memperoleh informasi lengkap soal kondisi kesehatan Anda. Seluruh informasi tersebut diperoleh lewat tahapan tes kesehatan yang menyeluruh, dan kemudian dituangkan ke dalam formulir yang telah disiapkan oleh perusahaan asuransi. Hasil tes tersebut akan digunakan oleh perusahaan asuransi sebagai Penanggung untuk mengevaluasi profil risiko Anda, yang merupakan faktor penting dalam menentukan nilai polis dan besaran premi.
  5. Masa pertanggungan bebas Anda tentukan sendiri. Pada dasarnya, Anda bisa tentukan sendiri berapa lama masa pertanggungan asuransi kesehatan pribadi sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Mulai dari yang jangka pendek atau hanya satu tahun saja, sampai seumur hidup alias long term care, Anda bebas pilih secara fleksibel. Dengan begitu, Anda bisa benar-benar sesuaikan proteksinya dengan kebutuhan hingga budget Anda sekalipun.
  6. Bisa digabungkan dengan produk asuransi lain. Anda tak perlu khawatir kalau Anda hanya boleh memilih asuransi kesehatan pribadi saja. Sebab, dengan memiliki asuransi kesehatan pribadi, Anda tetap bisa memiliki polis asuransi lainnya untuk melengkapi proteksi diri seoptimal mungkin. Contohnya asuransi jiwa maupun asuransi kecelakaan diri.

Itulah beberapa keunggulan utama asuransi kesehatan pribadi. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *