Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 SD Halaman 37 38 39 40 Buku Tematik Subtema 1 Pembelajaran 4

Berikut ini kunci jawaban Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4 Kelas 5 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Udara Bersih bagi Kesehatan. Buku Tematik Kelas 5 Tema 2 edisi revisi 2017 memiliki judul Udara Bersih bagi Kesehatan. Kemudian, Subtema 1 buku ini berjudul Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih.

Artikel ini berisi kunci jawaban soal pembelajaran4, yakni halaman 37 hingga 40. Kaliadem terletak di lereng Gunung Merapi di Yogyakarta. Dahulu tempat ini terkenal sebagai lokasi perkemahan yang asri. Fasilitas di areal wisata Kaliadem dahulu cukup komplit. Ada pendopo, gedung pertemuan, kios kios, warung, gardu pandang, lapangan untuk perkemahan, toilet, dan sebagainya.

Akan tetapi, setelah Merapi meletus pada bulan Juni 2006, sebagian besar fasilitas itu lenyap terkubur lahar. Saat ini, wisata Kaliadem sudah berubah nama menjadi Lava Tour Kaliadem. Sebagian besar pemandangan Kaliadem berupa hamparan pasir dan batuan bekas lahar. Di sana, ada bunker atau rulinda (ruang lindung darurat). Bunker ini dibangun untuk tempat berlindung jika tiba tiba Gunung Merapi menyemburkan awan panas.

Di dalam bunker ini ada kamar mandi, tabung oksigen, masker, listrik, dan perlengkapan lainnya. Pintunya dua lapis terbuat dari lempengan besi setebal 3 cm. Dari bacaan “Melihat Jejak Merapi di Kaliadem” kamu mengetahui salah satu lagi jenis usaha, yaitu usaha pariwisata. Jawaban:

Siswa dapat menjawab sesuai tempat tinggal masing masing. Berikut contoh jawabannya: Saya tinggal di Yogyakarta.

Ada. Di daerah saya ada beberapa jenis usaha pariwisata. Pengaruh adanya usaha pariwisata bagi kehidupan masyarakat di antaranya:

Terciptanya lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar. Adanya sumber pendapatan dari para wisatawan, misalnya dari hasil penjualan cinderamata dan lain sebagainya. Peningkatan pelayanan untuk masyarakat.

Jenis usaha pariwisata merupakan usaha di bidang jasa. Bidang jasa berkaitan dengan pemberian layanan kepada konsumen. Contoh usaha jasa selain pariwisata antara lain perbankan, keuangan, asuransi, kesehatan, dan hukum. Sektor jasa di Indonesia, terutama pariwisata berkembang pesat. Pesatnya jasa pariwisata didukung potensi panorama alam Indonesia yang elok. Sektor pariwisata di Indonesia juga menonjolkan aspek budaya. Contoh objek wisata alam adalah danau, pantai, bukit, pegunungan, gunung, suaka alam, serta flora fauna.

Contoh objek wisata budaya adalah kesenian daerah, upacara adat, keraton, dan candi. Berkembangnya sektor pariwisata menumbuhkan usaha usaha penunjang jasa pariwisata. Usaha usaha di bidang jasa pariwisata antara lain sebagai berikut. 1. Pengelola jasa penginapan, misalnya hotel, motel, wisma, dan losmen.

2. Usaha penjualan barang cendera mata atau suvenir. 3. Penyedia jasa pemandu wisata (tour guide). 4. Penyedia jasa pariwisata dan transportasi (tour and travel).

Salah satu jenis usaha yang banyak kita lihat adalah berjualan. Mulai dari penjual buah, makanan, barang barang keperluan sehari hari hingga para penjual kendaraan bermotor. Dari jenis usaha itu, para pedagang dapat memperoleh penghasilan untuk kehidupan sehari hari. Menurutmu, mengapa ada berbagai jenis usaha? Mengapa orang melakukan suatu usaha tertentu dan orang lain melakukan jenis usaha lain yang berbeda?

Jawaban: Adanya berbagai jenis usaha karena setiap orang memiliki kemampuannya masing masing. Selain itu, tujuan yang ingin dicapai oleh masing masing orang adalah berbeda.

Oleh karena itu setiap orang ingin melakukan usaha yang berbeda untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Soal ini berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *