Peranan Laporan Arus Kas Untuk Bisnis

Arus kas atau biasa juga disebut dengan istilah cash flow, merupakan jumlah penurunan ataupun kenaikan yang dimiliki oleh sebuah individu maupun bisnis. Pada bidang akuntansi itu sendiri, arus kas bisa mendeskripsikan jumlah mata uang yang dihasilkan ataupun mata uang yang dikonsumsi untuk periode waktu tertentu.

Lalu kira-kira apakah laporan arus kas itu, serta apa saja peranannya dalam bisnis? Untuk mengetahui jawabannya, maka Anda perlu membaca ulasan di bawah ini.

Apa Peranan Laporan Arus Kas Untuk Bisnis?

 

Laporan arus kas mempunyai peranan yang sangat penting di dalam bisnis. Tidak hanya bagi seorang akuntan bisnis saja, tapi juga sebagai seorang pebisnis Andapun juga perlu untuk memahami cash flow statement.

Cash flow statement itu merupakan perincian yang mana di sini menunjukkan pemasukan ataupun pengeluaran kas sebuah perusahaan untuk jangka waktu atau periode tertentu. Terdapat beberapa manfaat yang bisa didapat dari adanya laporan arus kas.

Manfaat tersebut antara lain seperti pembayaran kas, melaporkan penerimaan kas, dan juga perubahan bersih pada kas yang dihasilkan dari aktivitas operasi dan pendanaan selama satu periode. Dengan membuat laporan kas secara teratur, maka hal tersebut nantinya akan membantu bagi pihak kreditor, investor dan pihak-pihak lain untuk menilai hal-hal sebagai berikut, antara lain yaitu:

Kemampuan Perusahaan untuk Menghasilkan Kas Di Masa Mendatang

Tujuan utama dari pelaporan keuangan arus kas adalah untuk memberikan informasi, yang mana hal tersebut memungkinkan guna memprediksi waktu, jumlah serta ketidakpastian arus kas di masa mendatang. Dengan memeriksa hubungan antara lain seperti:

  • Arus kas bersih dari kegiatan operasi.
  • Penjualan serta arus kas bersih dari kegiatan operasi.
  • Penurunan ataupun kenaikan kas.

Dimungkinkan dengan adanya arus kas tersebut untuk membuat sebuah prediksi yang lebih baik terhadap waktu, jumlah dan ketidakpastian arus kas di masa mendatang jika dibandingkan dengan memakai data dasar aktual.

Arus Kas Kegiatan Investasi

Arus kas tersebut biasanya mempengaruhi kegiatan investasi dalam bentuk aset non lancar. Kegiatan investasi itu sendiri berhubungan dengan aktivitas pembelian maupun penjualan dari aktiva perusahaan, seperti peralatan maupun gedung.

Arus Kas Aktivitas Pendanaan

Komponen arus kas tersebut berasal dari transaksi yang mana di sini mempengaruhi utang serta ekuitas perusahaan. Biasanya transaksi yang terjadi mencakup pengertian maupun penerbitan surat berharga, ekuitas dan juga utang, seperti emisi saham, obligasi dan pelunasan kredit.

Di dalam melakukan pencatatan keuangan nantinya akan berpatok pada dua sumber, yaitu neraca periode yang berjalan, neraca periode sebelumnya dan juga laporan untung ataupun rugi di periode tersebut. Biasanya cara penyusunan laporan arus kas tersebut mempunyai dua metode, antara lain yaitu metode langsung dan metode tidak langsung.

Perbedaan metode dalam penyusunan laporan arus kas hanya dari pengolahan data. Saat di sini memakai metode langsung, maka kegiatan nantinya akan dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Yang mana kategori tersebut terdiri atas arus kas masuk dan juga arus kas keluar.

Sedangkan di sini jika Anda memakai metode tidak langsung, maka aktivitas arus kas tersebut akan ditentukan oleh hasil laba bersih yang mana di sini tertera pada sebuah laporan laba rugi. Jadi metode tersebut lebih terpusat pada data yang mana tertera di neraca serta laporan laba rugi.

Berikut ini adalah 5 langkah yang seringkali dipakai untuk membuat laporan arus kas yang perlu untuk Anda ketahui. Langkah-langkah tersebut yaitu:

  • Menghitung penurunan ataupun kenaikan kas.
  • Menghitung kas bersih pada aktivitas operasi dengan cara yang langsung ataupun tidak langsung.
  • Menghitung kas bersih untuk aktivitas investasi.
  • Menghitung konversi untuk aktivitas pendanaan.
  • Menghitung jumlah kas bersih dari ketiga aktivitas beserta saldo awal dari kas.

Itulah ulasan mengenai pentingnya laporan arus kas bagi sebuah bisnis yang penting untuk Anda ketahui. Untuk Anda yang saat ini tengah menjalankan sebuah usaha dan membutuhkan modal, maka saat ini sudah banyak sumber pembiayaan yang bisa Anda gunakan. Salah satunya yang cukup populer yaitu peer to peer lending. Peer to peer lending di Indonesia memang sangat populer karena proses peminjaman bisa dilakukan secara cepat dan mudah.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.