Perbedaan 4G dan 5G

Provider smartfren selaku salah satu penyedia jaringan internet seluler terbesar di Indonesia. Sedang menyiapkan jaringan baru, yak jaringan 5G. Jaringan iniĀ  nanti akan menggantikan 4G dan untuk penggunaannya sendiri baru berada di negeri sakura Japan. Bila jaringan 5G sudah ada di Indonesia, kamu nanti akan dapat menikmatinya disegala paket smartfren seperti, kuota nonstop smartfren. Penjelasan perbedaannya sudah kami sediakan dibawah ini.

Penjelasan Lebih Lanjut

Jaringan 5G merupakan jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet lebih tinggi dari generasi sebelumnya yatiu 4G. Jaringan 5G menjanjikan kecepatan yang dapat membuat internet seluler setara dengan Wi-Fi. Secara teknologi, jaringan ini merupakan evolusi dari teknologi seluler kita saat ini.

Melansir situs High Speed Internet, jaringan 4G adalah generasi keempat dari teknologi nirkabel dengan menggunakan menara radio untuk memberikan layanan telepon dan internet nirkabel ke perangkat seluler, menawarkan kecepatan lebih tinggi. Sementara jaringan 5G dibangun di atas jaringan nirkabel 4G, 5G juga menghadirkan teknologi baru dan frekuensi radio yang lebih luas. Menara dan pemancar 5G menggunakan lebih banyak antena dan pita radio frekuensi yang lebih tinggi sehingga menghasilkan kecepatan dan waktu respon yang lebih cepat

Jika melihat kapasitasnya, di lokasi yang lebih padat penduduknya, 5G sepuluh kali lebih cepat daripada 4G, mencapai kecepatan rata-rata hampir 500 Mbps. Itu perbedaan yang sangat besar dibandingkan 4G yang kisarannya 30 Mbps. Pada kondisi biasa, 4G memiliki kecepatan maksimum mencapai 100 Mbps, sementara 5G mencapai 10 Gbps.

Melihat ketersediaannya, jaringan 4G tersedia cukup banyak di mana saja – kecuali untuk daerah terpencil dan komunitas pedesaan dengan akses seluler terbatas — sementara jangkauan 5G untuk saat ini terbatas di kota-kota besar dan kecil.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *