Perkembangan Sistem Transfer Uang dari Masa ke Masa

Saat ini mengirimkan uang kepada keluarga, teman, dan pihak lain dapat dengan mudah dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi transfer uang yang dapat diakses pada smartphone. Tidak perlu lagi ribet keluar rumah ke bank atau ke mesin ATM untuk melakukannya. Kita cukup mengklik beberapa menu pada aplikasi, dan voila, transfer uang pun berhasil dilakukan. Keuntungan lainnya menggunakan aplikasi adalah transaksi transfer pun bisa dilakukan meskipun pihak penerima tidak memiliki rekening di bank. 

Kemudahan tersebut tentunya tidak akan kita temukan pada metode transfer uang pada masa-masa sebelumnya. Sebelum adanya metode digital saat ini, transfer uang masih dilakukan secara konvensional. Seperti apa sih perbedaannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Kirim Uang Lewat Surat atau Pos

Pada masa saat menghubungi seseorang melalui telepon saja masih sulit dilakukan, surat menyurat menjadi cara yang sering digunakan untuk melepas rindu dengan sanak saudara. Cara ini kemudian juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk sekaligus mengirimkan uang. Biasanya dilakukan oleh orang tua yang ingin mengirimkan uang kepada anaknya yang merantau. Namun cara ini tentunya memiliki risiko yang besar, yakni kemungkinan hilangnya uang saat proses pengiriman.

Wesel Pos

Pengiriman uang melalui Wesel Pos sering digunakan terutama pada daerah terpencil di Indonesia. Cara ini dijamin lebih aman dibandingkan dengan menggunakan surat, karena uang nantinya akan diambil pada kantor pos terdekat di daerah. Keuntungan lain dari layanan wesel ini adalah, tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk pengiriman dalam negeri, namun juga luar negeri.

Teler Bank

Cara ini tentu saja cara yang paling sering dilakukan. Pengiriman dengan menggunakan layanan bank ini cukup mudah, kita cukup mendatangi bank kemudian mengisi formulir untuk transaksi transfer. Pastikan saat pengisian ini, nomor dan nama pemiliki rekening bank sudah benar, karena jika tidak maka transfer bisa gagal untuk dilakukan. 

ATM

ATM di Indonesia pertama kali digunakan pada tahun 1987. Hingga saat ini, fasilitas ini masih menjadi metode favorit dalam pengiriman uang, karena mudah ditemukan di mana-mana, bahkan di kota kecil dan pedesaan sekalipun. Cara penggunaannya pun mudah dan aman.

Internet Banking

Hadirnya internet membawa banyak kemudahan dalam hidup, termasuk dalam metode transfer uang ini. Internet Banking dilakukan dengan menggunakan aplikasi perbankan atau website resmi, dan bisa digunakan di mana saja asal terkoneksi dengan jaringan internet. Kekurangan dari metode ini adalah adanya biaya tambahan yang dikenakan pada pengiriman uang antar bank yang berbeda.

Aplikasi Transfer Uang

Saat ini sudah banyak aplikasi yang memungkinkan kita untuk melakukan transfer uang melalui smartphone saja, misalnya saja Nanovest. Sama seperti internet banking, transfer uang dengan aplikasi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, selama tersambung dengan internet. Namun, keunggulan aplikasi ini dibandingkan dengan internet banking adalah transaksi yang dilakukan bebas biaya kemana saja tujuan transfernya.

Nah, itu tadi perkembangan metode transfer uang dari masa ke masa, mana saja yang pernah kamu gunakan?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.