Tahapan Proses Kirim Barang ke Luar Negeri Ternyata Mudah

Tahapan Proses Kirim Barang ke Luar Negeri Ternyata Mudah

Karena perkembangan teknologi yang semakin maju dan berkembang dengan sangat cepat, menjadikan interaksi antar manusia di berbagai belahan bumi menjadi lebih mudah. Kegiatan jual beli juga mendapat keuntungan dari adanya kemajuan teknologi ini, terlebih dalam hal kirim barang

Jangkauan kepada konsumen menjadi semakin luas, tidak hanya antar daerah, tetapi antar negara juga tidak menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan. Tentu hal ini akan mudah untuk dilakukan asal mengetahui syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Apa Saja Tahapan yang perlu Dilakukan ?

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan pengiriman ke luar negeri, pasti akan berpikir bahwa akan sulit dan ribet karena akan ada banyak hal yang perlu dipenuhi terlebih dahulu sebelum melakuan perngiriman. Tahapan yang perlu dilalakukan dalam proses pengiriman barang ke luar negeri antara lain :

  1. Pastikan barang yang akan Anda kirim merupakan barang yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku menurut undang-undang. Karena ada beberapa barang yang menjadi pantangan untuk dikirim ke luar negeri
  2. Pastkan juga barang yang akan Anda kirim dapat diperjualbelikan di negara tujuan.
  3. Selanjutnya berikan spesifikasi produk yang akan Anda kirim beserta jumlahnya.
  4. Lalu tentukan sistem pembayaran yang digunakan dan pastikan bahwa Anda telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.
  5. Setiap Anda melakukan pengiriman barang ke luar negeri, lampirkan PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) dan dokumen-dokumen pendukung kegiatan ekspor lain yang diperlukan.
  6. Lalu Anda dapat melakukan shipping jika telah mendapatkan persetujuan dari bea cukai dalam bentuk Nota Persetujuan Ekspor. 
  7. Anda juga dapat memberi asuransi untuk barang kiriman Anda. Agar ketika barang yang Anda kirim mengalami kerusakan selama pengiriman mendapatkan uang pengganti sesuai nominal barang yang dikirimkan.
  8. Lakukan pembayaran di bank jika Anda menggunakan L/C ( Letter of Credit ) yang merupakan surat pernyataan yang dikeluarkan oleh bank atas permintaan pembeli untuk menyediakan dan membayar sejumlah uang tertentu untuk kepentingan pihak ketiga .

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *